Sabtu, 01 November 2008

Universitas Indonesia: Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2008



Universitas Indonesia menjadi universitas terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat yang dirilis oleh Times Higher Education - QS World University Rankings tahun 2008. Berdasarkan rilis peringkat tersebut, UI menduduki peringkat 287. Peringkat UI pada tahun 2008 ini meningkat 108 tingkat dibandingkan peringkat tahun sebelumnya yang berada di posisi 395. Jika dibandingkan dengan universitas lain di Indonesia, UI dapat dikatakan menjadi universitas terbaik berdasarkan versi ini. ITB misalnya menduduki peringkat 313, sedangkan UGM menduduki peringkat 316. Universitas lain yang menduduki peringkat di luar top 500 adalah IPB, Unair, Unibraw dan Undip. Yang menjadi pertanyaan adalah banggakah kita dengan peringkat UI tersebut relative terhadap universitas yang lain serta apa yang bia kita refleksikan dari peringkat tersebut dalam membangun UI ke arah yang lebih baik?

QS memiliki kepanjangan Quacquarelli Symonds. Organisasi ini adalah organisasi independen yang bergerak dalam bidang pendidikan yang menyediakan penelitian, seminar, forum dan jasa yang berhubungan dengan institusi pendidikan. Perusahaan tersebut juga bergerak dalam bidang bimbingan karir, konsultasi pendidikan dan sebagainya. QS didirikan tahun 1990 di London oleh Wharton MBA, dan Nunzio Quacquarelli Matt Symonds. Saat ini kantor organisasi ini tersebar di London, Paris, Singapura, Beijing, Tokyo, Sydney dan Washington DC. QS dikenal sebagai salah satu dari deretan organisasi terbaik yang bergerak di bidang pendidikan Setiap tahunnya, QS merilis daftar peringkat universitas-universitas di dunia. Teknik yang digunakan dalam menentukan perungkat tersebut adalah simple overview, purpose & approach, academic peer review, employer review, citations per faculty, international factors, weighting and normalization, serta QS SAFE-National systems strength rankings.

Peringkat teratas universitas dunia masih didominasi oleh “pemain-pemain lama” dari Amerika Serikat dan Inggris. Peringkat pertama diduduki Harvard University, kedua diduduki Yale University, ketiga diduduki University of Cambridge, keempat diduduki University of Oxford dan kelima diduduki California Institute of Technology. Asia patut berbangga hati karena ada lima universitas yang masuk dalam top 50, antara lain University of Tokyo (peringkat 19), Kyoto University (peringkat 25), University of Hong Kong (peringkat 26), National University of Singapore (peringkat 30) dan Hong Kong University of Science & Technology (peringkat 39). Di tingkat ASEAN, peringkat sepuluh besar diduduki oleh National University of Singapore (peringkat 30), Nanyang Technological University (peringkat 77), Chulalongkorn University (peringkat 116), University of Malaya (peringkat 230), Universiti Kebangsaan Malaysia (peringkat 250), Mahidol University (peringkat 251), Ateneo de Manila University (peringkat 254), University of the Philippines (peringkat 276), Universitas Indonesia (peringkat 287) dan Universiti Sains Malaysia (peringkat 313)

QS tidak menentukan peringkat seluruh universitas yang ada di dunia, yang mungkin jumlahnya mencapai puluhan ribu universitas. Universitas yang diperingkat adalah universitas yang tertarik dan mendaftarkan diri untuk diperingkat oleh QS. Dengan banyaknya universitas yang mendaftar untuk diperingkat (jumlahnya hamper 800 universitas) dan banyaknya universitas ternama yang mendaftar, maka secara tidak langsung memang bias ditarik kesimpulan bahwa Times Higher Education - QS World University Rankings merupakan salah satu referensi handal dalam menentukan peringkat universitas di dunia. Walaupun demikian Times Higher Education - QS World University Rankings bukan merupakan satu-satunya daftar ranking universitas. Ada banyak organisasi yang merilis peringkat universitas yang mana dalam menentukan peringkat tersebut menggunakan parameter, metode dan teknik yang kadangkala berbeda. Namun, hasil peringkat tersebut umumnya hampir sama terkait dengan universitas-universitas yang menduduki deretan teratas. (Informasi lengkap terkait dengan QS World University Rankings dapat diakses di http://www.topuniversities.com/home).

Dengan kecenderungan UI yang selalu di atas dua kampus saingan terberatnya, sebagai yang berjaket kuning, kita patut untuk bangga!

semangat para mahasiswa! kapan ya masuk 100 besar????

Tidak ada komentar: